Selasa, 11 Oktober 2011

Mencegah Transistor Power Short

Copy dari blognya teman blogger:

Mencegah Transistor Power Short

Disini saya akan menggunakan lampu pijar sebagai alat bantu untuk servis barang-barang elektronik termasuk salah satunya TV.

Sebagai seorang teknisi servis mungkin telah sering mengalami penggantian transistor power, sekali pasang langsung jebol. Itu dikarenakan masih adanya kerusakan dibagian driver atau diload transistor itu sendiri.

Untuk perbaikan masalah seperti diatas itu sebaiknya anda pasang lampu secara seri. Sekring di jaringan listrik atau di PCB mudol power supply diganti dengan lampu pijar 100watt itu untuk ukuran tv kurang lebih 29" sedangkan untuk ukuran 21" lampu pijar 60watt juga sudah mencukupi.


Tujuannya kalau ada beban yang berlebihan akan menyalakan lampu/tidak merusak transistor. Pada prakteknya jika tv dalam keadaan normal/berfungsi normal kita pasangi lampu, maka lampu akan nyala sesaat kemudian akan berangsu-angsur meredup dan mati yang pada akhirnya televisipun akan nyala normal.

Keadaan ini akan berbeda bila kita pasangkan lampu tsb pada sebuah televisi yang modul horizontalnya/bagian horizontal masih terdapat masalah, lampu tsb akan menyala terang secara terus menerus yg menandakan adanya short pada rangkaian.

Saya juga pernah mencoba rangkaian ini sewaktu memperbaiki monitor, tetapi ternyata tidak bekerja. Lampu tsb tetap menyala terang walaupun rangkaian horizontal sudah tidak terdapat short, saya sendiri juga tidak tahu kenapa?

1 komentar: