Jumat, 07 Oktober 2011

Teknik Dasar Analisa Kerusakan tv dan cara Memperbaikinya.

Sesuai dengan blog ini, disini saya coba mengumpulkan info tentang servis televisi yang saya ambil dari artekelnya teman-teman blogger. Dengan tidak terlalu banyak mukaddimah langsung saja pada pokok tujuan.

TEKNIK DASAR DAN ANALISA SERTA MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV.

Berikut adalah teknik dasar bagaimana cara menganalisa kerusakan pada pesawat televisi:
-Jenis -jenis kerusakan dan cara mengetahui kerusakan:
1. Mati total.
Jika pesawat tv tiba-tiba mati, pertama kali yang harus dilakukan adalah;
a. Buka semua sekrup yang ada.
b. Lihat apakah fuse/sekring putus, bila putus coba ganti dengan ukuran ampere yang sama trus nyalakan. Jika fuse putu lagi berarti daerah power suply yang rusak.
Cara mengatasinya:
coba ukur elco yang paling besar, ukurannya biasanya 100uf/400v. Ukur bolak-balik pakai avometer skala 10 ohm. Jika keduanya nyambung kemungkinan deode atau transistornya rusak.
-Coba test/ukur deode yang ada didekat sakelar on/off ada 4 buah, ukur pakai avometer skala 10 ohm ukur bolak-balik. Jika nyambung keduanya berarti rusak. Ganti dengan ukuran yang sama.
-coba ukur transistor yang besar, berkaki tiga. Ukur kaki 2 dan 3 bolak-balik pakai avo skala 10 ohm. Jika keduanya nyambung berarti rusak, ganti dengan ukuran yang sama.
-jika elco besar diukur sudah tidak nyambung berarti suply udah bagus. Coba nyalain lagi
-kalau masih tidak mau nyala, coba ukur transistor horizontal yang ada dekat plyback. Caranya sama dengan diatas, jika rusak ganti dengan ukuran yang sama, trus coba nyalain lagi InsyaAllah tv dah bisa nyala.

Untuk langkah efisiens dalam pecarian kerusakan lakukan dengan prosedur reparasi yang sengaja tidak saya muat disini, anda bisa cari pada blog teman-teman blogger tentang hal berkaitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar